Sebanyak 12 Peserta Ikut Seleksi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara 2021

Pontianak – Sebanyak 12 peserta dari beberapa daerah di Kalimantan Barat mengikuti seleksi peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2021.

“Kegiatan seleksi pertukaran pemuda antarnegara ini merupakan ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda di daerah, sekaligus potensi pemuda pada tingkat nasional melalui kerja sama internasional,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Barat Windy Prihastary saat membuka kegiatan seleksi tersebut di Pontianak, Kamis.

Dia mengatakan, terkait kegiatan tersebut, tentunya diperlukan kesungguhan segenap pihak, mulai dari proses awal seleksi peserta sampai dengan akhir, yaitu kewajiban peserta menjalankan program pasca kegiatan, dalam rangka meningkatkan kualitas pemuda daerah dan nasional.

“Mengingat pandemi COVID-19 yang masih menjangkiti hampir seluruh dunia, maka program Pertukaran Pemuda Antar Negara pada tingkat Nasional akan diselenggarakan secara virtual. Untuk menjawab semua itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, membuat program kepemudaan hang berskala nasional, salah satunya yaitu program ini,” tuturnya.

Windy menambahkan, para pemuda dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia akan diseleksi dan dipilih untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu metode menumbuhkembangkan sifat kecintaan dan rasa memiliki terhadap bangsa, berbeda budaya, serta berbeda adat istiadat dapat bertatap muka dan berkomunikasi secara virtual serta saling menyampaikan kegiatan-kegiatan kepemudaan di negara masing-masing sebagai penunjang program pemerintah.

Untuk itu, Windy menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini, khususnya kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah mengirim perwakilan pemuda terbaiknya untuk mengikuti seleksi.

“Selanjutnya, kepada tim seleksi , kami berharap dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan memilih peserta sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta berlaku adil dan profesional,” katanya.

Kepada para peserta seleksi, dirinya juga berpesan agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh memaksimalkan kemampuan yang dimiliki, taat dengan tata tertib maupun ketentuan dari panitia serta berbesar hati menerima hasilnya. (Ant)