Pemungutan Suara Ulang di Gianyar Prabowo-Gibran Malah Menang Telak, Tidak 100 Persen Pemilih Hadir, Begini Alasannya

GIANYAR, – Pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan presiden wakil presiden di TPS 14, Desa Pering, Kecamatan, Blahbatuh, Gianyar Rabu (21/2/2024) langsung dipantau oleh Anggota DKPP RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Anggota Bawaslu RI Totok Hariyono.

Pemungutan Suara Ulang (PSU) digelar dengan memperhatikan ketentuan pada Keputusan KPU Nomor 66 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum yakni dilaksanakan paling lambat 10 hari setelah hari pemungutan suara.

Pemungutan Suara dimulai pada pukul 07.00 Wita waktu setempat dengan diawali pembukaan, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji KPPS, pembukaan kotak suara, pengecekan jumlah surat suara, dan pembacaan tata cara pemungutan suara.

Dalam kegiatan PSU tersebut, penduduk yang tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) turut Kembali berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya dengan mematuhi peraturan di TPS.

Meski, tidak semua yang hadir dari jumlah daftar pemilih tetap 271 tapi yang datang 117, ditambah DPTb(Daftar Pemilih Tambahan) satu orang dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) satu orang sehingga total 119 pemilih yang hadir.

Anggota KPU Bali I Gede John Darmawan yang hadir dalam PSU tersebut mengatakan yang unggul pasangan calon nomor urut 2, perolehan suara paslon 01 mendapat dua suara, pasangan nomor 02 meraih 103 suara dan pasangan calon nomor urut 3 mendapat hanya 12 suara. Kemudian, suara tidak sah dua surat suara.

Mengenai jumlah partisipasi yang menurun, menurut John karena dilaksanakan di hari kerja. Para pemilih kebanyakan terhalang karena sekolah dan kerja. “Beberapa yang hadir sudah mengenakan seragam kerja. Jadi mereka menyempatkan diri untuk hadir ke TPS dulu,” kata John.(Rls)